Bitcoin: Apa itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Masyarakat sering bertanya-tanya apa itu Bitcoin? Ada juga beberapa orang yang menganggapnya sebagai suatu tempat berinvestasi yang cukup berpotensi dalam memberikan keuntungan secara maksimal kepada penggunanya. Tawaran keuntungan di sini juga terdengar cukup menggiurkan.

Apa itu BItcoin?

Bitcoin dapat dikatakan sebagai mata uang baru dalam bentuk digital yang sudah tercipta sejak tahun 2009 dari seseorang dengan nama Satoshi Nakamoto (nama samaran). Biasanya uang digital ini kerap kali dipakai pada berbagai macam transaksi di media internet.

Karena penggunaannya tidak memakai perantara sama sekali, bahkan jasa bank sekalipun. Menggunakan sistem peer to peer (P2P). Tetapi, sistem kerjanya dengan tidak menyimpan atau hanya menggunakan administrator tunggal pada Departemen Keuangan Amerika Serikat

Bahkan, mereka juga menyebutkan bahwa bitcoin adalah suatu mata uang yang sudah terdesentralisasi. Bitcoin ini juga tidak bergantung pada satu penerbit utama. Tetapi, cara kerjanya adalah dengan menggunakan suatu data base yang disebarkan ke node-node dari suatu jaringan P2P kepada sebuah jurnal transaksi tertentu.

Cara Kerja Bitcoin

Sebelum mempelajari cara kerjanya, maka sebagai pengguna baru yang baik Anda harus menginstall terlebih dahulu e-wallet bitcoin. Kemudian secara otomatis alamatmu akan dibuat untuk pertama kalinya. Cara kerjanya sama seperti email yang dapat dibagikan ke orang lain.

Dengan begitu, mereka akan dapat membayar atau membelinya. Tetapi, ada perhatian yang harus ditaati yakn alamat ini ada baiknya digunakan sekali saja. Dalam bitcoin, ada istilah rantai-blok (blockchain) yang menjadi catatan transaksi public tempat jaringan itu ada.

Ada juga istilah private keys yang merupakan transaksi mentransfer nilai dari wallet bitcoin yang dimasukkan ke blockchain. Dalam wallet bitcoin ada beberapa data-data pribadi dan rahasia yang tersimpan dalam menu private keys.

Sekian sedikit uraian singkat mengenai bitcoin: apa itu bitcoin dan bagaimana cara kerjanya ini. Ada banyak sekali hal-hal penting dari bitcoin yang perlu Anda pelajari dengan baik. Supaya bisa memahaminya dan juga menggunakannya dengan semaksimal mungkin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.