Kapan Malam Lailatul Qadar? Ini Keistimewaan dan Amalan Sunnah di Malam Lailatul Qadar

Berikut ini keistimewaan dan amalan sunnah di malam Lailatul Qadar, lengkap beserta gambaran waktu datangnya Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar atau yang disebut sebagai malam seribu bulan adalah malam yang penuh dengan kemuliaan. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang paling ditunggu tunggu oleh seluruh umat Muslim.

Ibu Hj. Ari Himawati menganjurkan untuk melakukan apa yang telah dicontohkan Rasulullah ketika malam Lailatul Qadar, yakni beriktikaf di masjid. Kita harus memperbanyak membaca doa di antaranya. اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allaahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku. Dianjurkan juga membaca surah Al Baqarah: 201.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ Rabbana atina fiddunya hasanah, Wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.

"Lailatul Qadar tentunya akan diterima bagi mereka yang sudah mempunyai hati yang bersih, 20 pertama puasa merupakan salah satu upaya kita untuk membersihkan hati, maka untuk 10 hari terakhir kita berharap untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar," ujar Hj. Ari Himawati. Secara keseluruhan, keistimewaan malam Lailatul Qadar sudah dijelaskan melalui Surat Al Qadr. Surat Al Qadr:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ Inna anzalnahu fi lailatil qadr وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ

Wa ma adraka ma lailatul qadr لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ Lailatul qadri khairum min alfi syahr

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ Tanazzalul mala`ikatu war ruhu fiha bi`izni rabbihim, ming kulli amr سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Salamun hiya hatta matla'il fajr "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Keistimewaan yang pertama adalah ketetapan atau penentuan, artinya pada bulan Ramadhan, tepat pada malam Lailatul Qadar Allah menetapkan ketentuan ketentuan untuk manusia.

Kedua, Lailatul Qadar berarti kemuliaan, banyak kemuliaan kemuliaan yang terjadi, satu di antaranya yakni malam turunnya Al Quran. Makna malam seribu bulan, artinya malam yang lebih baik daripada malam malam yang lain. Ketiga, Lailatul Qadar diartikan sempit.

Kata sempit di sini diartikan bahwa bumi ini sempit saat Lailatul Qadar karena para malaikat turun ke Bumi yang seakan akan bumi ini sempit. "Nah ini yang tidak bisa ditentukan tanggalnya, banyak hadist yang menyebutkan adalah sepuluh hari terakhir dan diutamakan di hari ganjil," "Tidak disebutkan tanggal yang pasti karena untuk kita menjemput bukan istilahnya menghadang," kata Hj. Ari Hikmawati.

Gambaran waktu datangnya Lailatul Qadar: Apabila awal Ramadan pada hari Ahad atau Rabu, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke 29. Apabila awal Ramadan pada hari Senin, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke 21.

Apabila awal Ramadan pada hari Selasa atau Jumat, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke 27. Apabila awal Ramadan pada hari Kamis, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke 25. Apabila awal Ramadan pada hari Sabtu, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke 23.

Apabila awal Ramadan jatuh pada hari Sabtu, maka Lailatul Qadar kemungkinan besar akan muncul di malam ke 23. Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kirim pertanyaan Anda ke

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *