pengiriman paket ke luar negeri

Cara dan Tahapan Impor Belanda

Saat ini banyak sekali kebutuhan masyarakat Indonesia yang belum bisa dipenuhi oleh bidang atau sektor tertentu, sehingga akhirnya membuat beberapa pihak memutuskan untuk melakukan aktivitas impor barang dari luar negeri. Contohnya yaitu dengan melakukan kegiatan impor Belanda.

Kegiatan impor merupakan sebuah aktivitas transportasi barang ataupun komoditas dari sebuah negara ke negara lain. Biasanya proses impor ini termasuk dalam sebuah aktivitas memasukkan barang, komoditas ataupun produk dari suatu negara ke negara lain.

Dalam melakukan kegiatan impor tersebut, tentu membutuhkan bea cukai di negara pengirim dan penerimanya. Bisa dikatakan juga bahwa aktivitas ini adalah kebalikan dari ekspor yang merupakan kegiatan transportasi komoditas maupun barang yang dikirim dari dalam negeri ke luar negri.

Cara melakukan kegiatan impor ini memang tidaklah sama seperti ketika Anda hendak mengirim barang antar kota. Terlebih bagi Anda yang masih tergolong pemula di bidang tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips atau cara ketika Anda ingin impor barang dari Belanda.

Bagaimana Cara dan Tahapan Impor Belanda?

 

Ketahui Lebih Dahulu Prosedur Import

Untuk melakukan aktivitas impor dari luar negeri, maka hal yang sangat penting untuk Anda ketahui yaitu memperhatikan lebih dahulu bagaimana cara dan prosedur impor yang perlu untuk Anda lakukan. Terutama di sini prosedur impor dengan menggunakan sebuah cargo. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain yaitu:

  • Pastikan bahwa barang yang ingin Anda impor bukan termasuk barang yang terlarang.
  • Pastikan bahwa barang yang ingin Anda impor mempunyai izin resmi dari pemerintah.
  • Siapkan dokumen ataupun perijinan saat barang masuk ke dalam negeri.
  • Ketahui informasi mengenai pembayaran pajak impor.
  • Ketahui formasinya terkait bea masuk.

Menentukan Supplier

Cara melakukan kegiatan impor barang berikutnya yaitu Anda harus menentukan supplier. Jika perlu ketahui juga apa saja alasan mengapa Anda memilih supplier tersebut, hingga akhirnya berani membayar barang yang ditawarkan. Tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membandingkan supplier yang satu dengan supplier yang lain.

Selanjutnya Anda juga perlu mengetahui seperti apa kira-kira sistem pengiriman yang nantinya hendak dilakukan oleh supplier tersebut. Ketahui informasi mengenai apakah supplier menanggung biaya dan juga resiko barang hingga ke penyerahan atau tidak. Pastikan untuk Anda memahami hal tersebut, supaya nantinya proses impor bisa berjalan dengan benar-benar lancar.

Cara Pengiriman

Setelah hal di atas Anda lakukan, maka selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara pengiriman barang dilakukan. Dalam hal ini sangatlah penting bagi Anda untuk memastikan berapa besar biaya tambahan, supaya nantinya barang impor bisa sampai ke alamat yang dituju.

Sebagai informasi, Anda bisa memilih layanan pengiriman paket ke luar negeri dari Kilo.id. Menggunakan jasa kirim Kilo id akan membuat Anda merasa benar-benar diuntungkan, karena memang selain harganya yang cukup terjangkau, ada banyak kelebihan-kelebihan lain yang bisa Anda peroleh nantinya.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.